SEKILAS INFORMASI PELAYANAN PAKSU JAKARTA PERIODE 2017 – 2019

Saat ini struktur kepengurusan PAKSU Jakarta terdiri dari dua belas komisi yang berada dibawah koordinasi BPH (Badan Pengurus Harian) yaitu:

 

I. Komisi Acara

Komisi ini berkonsentrasi mempersiapkan ibadah bulanan dan pelaksanaan ibadah-ibadah besar PAKSU. Persiapan ini termasuk pemilihan tema ibadah, pembicara, petugas acara dan tata ibadah. Adapun ibadah bulanan PAKSU setiap minggu kedua di hari Minggu.

II. Komisi Sumber Daya Manusia ( SDM )

Memperlengkapi setiap alumni PAKSU dengan pengetahuan dan skill seperti mengadakan seminar, training yang membangun dan mendukung alumni dalam dunia kerja dan pelayanan.

 

III. Komisi Mission Trip

Pada periode ini, MT masih tetap melakukan pelayanan ke Garoga dengan pelayanan menjadikan Desa Parsosoran dan Dusun Simataniari menjadi desa menuju mandiri melalui PI dan Pengembangan masyarakat. PAKSU telah menempatkan seorang hamba Tuhan fulltimer sebagai perpanjangan tangan PAKSU melayani dusun Simataniari dan desa Parsosoran. PAKSU akan mengadakan Mission Trip ke Desa Sibiobio tanggal 8 – 11 Agustus 2013 dan tahun 2014 ke Desa Gonting Hopo.

Pelayanan yang dilakukan pada tanggal 8 – 11 Agustus 2013 secara holistik yang mencakup aspek:

  • Kerohanian melalui KKR, mengajar sekolah minggu dan training guru sekolah minggu

  • Pendidikan: sharing dengan guru-guru SD, memberikan motivasi kepada anak-anak untuk menggapai cita-cita mereka di masa depan

  • Pertanian: Penyuluhan pertanian dan pembagian bibit

  • Kesehatan: melakukan Penyuluhan Kesehatan, Pengobatan gratis dan demo sikat gigi buat anak-anak

 

IV. Komisi Pendidikan

Komisi pendidikan memberikan bimbingan pelajaran kepada anak-anak mulai dari tingkat TK, SD, SMP dengan menanamkan nilai – nilai Kristiani di Rawadas, Jakarta Timur. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Sabtu. Komisi ini juga melakukan jam doa, pertemuan dan juga training pengembangan skill untuk guru – guru yang mengajar di Rawadas.

 

V. Komisi Pemberdayaan Masyarakat

Komisi ini melakukan pengembangan pada masyarakat di daerah Rawadas, Jakarta Timur. Program yang dilakukan yaitu : pembinaan/pelatihan pada pemuda, seminar untuk orangtua, memelihara budidaya lele sebagai salah satu contoh untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

VI.Komisi KTB

Komisi ini mengkoordinir seluruh KTB (Kelompok Tumbuh Bersama) yang ada di PAKSU. Program yang saat ini dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan kerohanian anggota KTB. KTB yang aktif sekitar 30 kelompok.

 

VII. Komisi Diakonia

Secara garis besar komisi ini untuk memberi penguatan/penghiburan dan mengunjungi alumni – alumni dan keluarga dalam kondisi sukacita dan dukacita.

 

VIII. Komisi Dana

Komisi ini mengkoordinir aktivitas pendanaan seluruh kegiatan PAKSU, memonitor masuk dan keluarnya dana. Untuk pemasukan secara keseluruhan berasal dari jemaat dalam hal ini anggota dan juga pihak yang terbeban akan pelayan PAKSU. Mekanismenya, komisi dana mensharingkan kebutuhan dana PAKSU kepada para donator. Untuk keluarnya dana dibagi atas tiga pos yaitu : dana medan, operasional, sekretariat dan peralatan.

 

IX. Komisi Kominfo

Komisi ini memberikan informasi tentang perkembangan pelayanan PAKSU. Membuat database untuk semua alumni yang ada di Jakarta dan memberikan informasi ibadah dan kegiatan.

 

X. Komisi Peralatan dan Sekretariat

Komisi ini menyediakan peralatan yang dibutuhkan dalam setiap kegiatan PAKSU. Sementara untuk kesekretariatan lebih menekankan kepada pemeliharaan sekretariat sehingga sekretariat dapat berfungsi optimal dalam mendukung kegiatan operasional.

 

XI. Komisi Doa

Doa adalah unsur terpenting dalam kehidupan orang percaya. Inilah yang menjadi dasar komisi ini dibentuk, yaitu dengan dasar pentingnya doa dalam berjalannya sebuah pelayanan terkhusus pelayanan PAKSU dan juga termaksud yang ada di dalamnya. Program yang dilakukan jam doa, membuat buletin doa setiap bulan dan menjadi sahabat doa bagi setiap pengurus.

 

XII. PASUTRI

Komisi ini sebagai sarana persekutuan Pasutri untuk tumbuh melalui sharing dan diskusi masalah kehidupan pernikahan, keluarga, pendidikan anak dan kaitannya dengan pekerjaan, karir, study, dll dalam suasana persaudaraan dalam kasih Kristus. Mengadakan ibadah pertiga bulan, memiliki jam doa, KTB dan publikasi untuk setiap kegiatan Pasutri.