Pelayanan Bimbingan Belajar PAKSU

Pelayanan Bimbingan Belajar PAKSU

Sejarah Pelayanan:

 

PAKSU pernah mengadakan pelayanan anak jalanan di MONAS. Kemudian terjadi sterilisasi MONAS sehingga tidak ada anak jalanan lagi di sana dan pelayanan ini pun berhenti.

Hasil yang dapat diketahui , 1 orang dari anak jalanan, Romlah, akhirnya bersedia sekolah dan dibiayai oleh PAKSU. Saat ini Romlah kelas 1 SMK dan dia tinggal di Yayasan Griya Asih.

 

Pada awal tahun 2007, PAKSU mengadakan pelayanan bimbingan belajar anak-anak pemulung yang tinggal di sekitar tempat pembuangan sampah di Pondok Kelapa. Namun, akhir tahun 2008, mereka digusur sehingga pelayanan disana pun berhenti. Hasil konkrit yang dapat dilihat tidak ada.

 

Dengan kondisi di atas, maka Tim Misi PAKSU yang baru mencari lokasi baru untuk pelayanan bimbingan belajar. Dari beberapa tempat yang disurvey dengan beberapa pertimbangan maka diputuskan di Pondok Kopi Rawadas.

 

Latar belakang memutuskan memilih lokasi ini :

  1. Berdasarkan pengalaman sebelumnya adalah lebih baik kita membimbing anak-anak yang memang sekolah, tapi perlu tambahan, daripada mengajar anak-anak yang memang tidak sekolah. Karena kegiatan bimbingan belajar sangat terbatas sekali hanya dengan kehadiran 2 jam setiap minggunya.
  2. Kondisi daerah yang memang adalah kaum terpinggirkan (kaum marginal) sehingga PAKSU merasa terbeban untuk membantu mereka dalam hal pendidikan.
  3. Banyaknya jumlah anak usia sekolah di daerah ini (± 110 orang)
  4. Minat belajar yang kurang. Sangat sedikit jumlah anak yang melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi seperti SMU dan Perguruan Tinggi.
  5. Sikap terbuka baik dari anak didik , orang tua dan juga gereja dalam menerima program PAKSU  (mengajar). Memang secara khusus yang pertama kali ditemui adalah orang tua di sekitar gereja GKJI dan Pendeta Silaban (Pdt GKJI) untuk memberikan tempat.

 

 

Sasaran :

 

  1. Memperluas wawasan anak.
  2. Menanamkan nilai-nilai hidup yang baik kepada anak-anak didik di sana.
  3. Menumbuhkan keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi.
  4. Memberikan beasiswa kepada anak yang memiliki prestasi belajar yang baik (jangka panjang)

 

Bentuk Kegiatan

  1. Bimbingan belajar
  2. Perpustakaan
  3. Beasiswa
  4. Pembinaan untuk guru-guru

 

Pelaksanaan

  • Hari/Tanggal : Setiap hari Sabtu
  • Waktu   : 16.00 – 18.00 WIB
  • Tempat : Pondok Kopi Rawadas

 

Salam Kasih.

Persekutuan Alumni Kristen Sumatera Utara